BK Plastic Surgery Hospital
Korea   미국   싱가폴   China   말레이시아  
일본   몽골   러시아   베트남   태국  
인도네시아
BK Plastic Surgery
home map email
bk medical group Aesthetic Clinic
 
 
introduce BK plastic surgery center before&after consultation
 
   
 
 

 Jam Praktek

  • Senin-Kamis 10:00~19:00
  • Sabtu            10:00~17:00
  • Minggu/Hari Libur   Libur

 

 

Хамрын мэс заслын тасаг
 

Operasi Hidung

Metode Operasi Hidung

Operasi Pemancungan Hidung

Perbaikan Hidung Panjang

Perbaikan Hidung Pendek

Perbaikan Hidung Miring

Pembetulan Tulang Hidung yang Menonjol

Perbaikan Hidung Bulat

Pengecilan Sayap Hidung

 

Menyempurnakan Hidung Menjadi Ideal

Aspek terpenting dari operasi hidung adalah untuk mengharmoniskan dengan kompisisi wajah. Operasi hidung di BK Rumah Sakit Bedah Plastik dapat membantu Anda medapatkan bentuk hidung yang menyempurnakan fitur wajah Anda.

Bentuk hidung ideal dari BK Rumah Sakit Bedah Plastik adalah hidung yang lurus dengan sedikit lengkungan pada ujungnya.

Panjang hidung : 1/3 dari panjang wajah
Tinggi hidung : 3/5 dari panjang hidung
Sudut diantara Batang Hidung dan Dahi : 115~135 derajat
Sudut diantara Colummela dan Philtrum : 95~105 derajat

 

Metode Operasi Hidung

Jika Anda tertarik untuk operasi hidung, Anda mungkin mempunyai beberapa pertanyaan mengenai bagaimana pengerjaan dari operasinya, dimana bagian yang akan diinsisi, apakah luka dapat mudah dirawat.

Operasi hidung dapat dipisahkan ke dalam metode terbuka dan tertutup.


1. Pembedahan Terbuka

Setelah pembedahan dibuat pada di antara lubang hidung dan rongga hidung, kulit akan terangkat untuk membuka tulng rawan dan struktur tulang didalamnya.

Metode ini digunakan untuk dapat dengan jelas melihat struktur bagian dalam hidung ketika kerangka hidung butuh penyesuaian pada tinggi, lebar, atau panjangnya.


2. Insisi Tertutup

Pengerjaan dilakukan dengan pembedahan kecil didalam lubang hidung.

Metode ini digunakan untuk menaikan ujung atau batang hidung.
Kelebihannya adalah bekas luka tidak terlihat/tertutup, tetapi hanya dapat digunakan untuk prosedur sederhana, dikarenakan ruang/akaes yang sempit sehingga menyulitkan.

 

Operasi Pemancungan Hidung

Pemancuangan hidung dapat menghasilkan penampilan yang tegas dan menawan. Sebaliknya, batang hidung yang rendah akan terlihat kurang menarik.

 Panjang dan tinggi hidung : Penyesuaian diperhitungkan berdasarkan keseimbangan proporsi.
 Batang hidung : Implan dipilih sesuai dengan ketebalan kulit dan lebar tulang agar menghasilkan bentuk yang natural.
 Ujung hidung : Tulang rawan akan dicangkokkan agar menghindari timbulnya kemerahan atau penipisan kulit pada bagian ujung hidung. Mengangkat sedikit ujung hidung membuat hidung telihat lebih menarik dari sisi depan dan samping.

*Metode Operasi Pemancungan Hidung
1) Ruang untuk menyisipkan implan berada diantara kulit dan tulang rawan.
2) Material implan yang tepat dimasukan untuk memberikan bentuk hidung yang diinginkan.
3) Pencangkokkan tulang rawan terkadang dilakukan pada bagian ujung untuk menjaga batang dan ujung hidung tetap seimbang.

Sebelum Sesudah
 

 

 

Perbaikan Hidung Panjang

Hidung yang panjang akan membuat wajah jadi terlihat panjang juga karena ketidak seimbangan komposisinya. Kondisi ini merupakan gejala dari nasal septum yang lebih panjang atau alar cartilage yang turun, oleh sebab itu mungkin diperlukan perbaikan.

Benjolan ditengah batang hidung seringkali ditemui pada hidung yang panjang. Tipe hidung seperti ini Metode dan merotasi ujung hidung ke arah atas.

* Metode Operasi dari Reduksi Hidung

1) Menaikkan alar cartilage : Alar tulang rawan yang turun diperbaiki sampai nasal septum, oleh sebab itu bagian tersebut dirotasi ke arah atas dan ujung hidung dinaikkan.
2) Merampingkan carriage of nasal septum : Memangkas ujung dari nasal septum akan mengangkat ujung hidung. Jika dibutuhkan, bagian tulang rawan yang direseksi dapat ditranplantasikan ke atas columella, agar alar tulang rawan lebih terangkat.

Sebelum Sesudah
 

 

 

Perbaikan Hidung Pendek

Panjang ideal hidung adalah 1/3 dari panjang wajah. Sudut ideal diantara bagian atas hidung dan batang hidung adalah 45 derajat.

Hidung pendek mengindikasikan jarak yang pendek dari bagian atas hidung sampai ujung hidung. Pemancungan hidung dapat dilakukan dalam 2 cara, jarak pendek dengan keseluruhan hidung dinaikan atau jarak yang panjang dengan ujung hidung dimancungkan. Kondisi seperti ini dapat diperbaiki dengan menggunakan kelenjar autologous atau tulang rawan hidung, tergantung dari bentuk hidung.

Pada kebanyakan kasus dari hidung yang pendek dan pesek dikarenakan faktor batang hidung yang rendah. Oleh sebab itu, disarankan untuk meninggikan batang hidung dengan implan buatan (silikon, gore-tex, dll).

Hidung yang sedikit naik atau pendek dapat dipanjangkan dengan menggunakan tulang rawan autologous (tulang rawan hidung atau telinga) diantara tulang rawan telinga dan hidung.

* Metode ini digunakan ketika autoplasty tidak dapat digunakan untuk memanjangkan hidung.
1) Setelah tulang rawan pada sayang hidung dan bagian dalam dipisahkan.
2) Ujung hidung ditarik dan dimasukan tulang rawan hidung untuk mencegah ujung hidung tertarik kembaii.

Sebelum Sesudah
 

 

 

Perbaikan Hidung Miring

Hidung yang melengkung ke satu sisi, dapat disebut dengan hidung yang miring. Hidung yang miring bukan hanya menganggu penampilan tetapi juga mempengaruhi fungsi hidung seperti aliran pada hidung menjadi tidak lancar.


Terdapat 3 tipe hidung bengkok. Hidung dengan bentuk seperti C atau S memiliki ujung hidung yang berada di tengah-tengah wajah, kecuali bentuk yang miring (oblique) memiliki ujung hidung yang miring kesamping. Tipe kebengkokkan hidung memiliki cara penanganan yang berbeda-beda, yang akan ditanganin oleh dokter yang berpengalaman.

* Metode Operasi Hidung Miring


1) Hidung yang Miring Sedikit
Silikon dirampingkan kemudian dimasukan keatas batang hidung untuk memberikan efek meluruskan. Dan juga, benjolan hidung diratakan, dan bagian yang tertekan diisi dengan implan untuk meluruskan hidung.
2) ) Hidung yang kemiringan parah
Perbaikan kondisi hidung dengan kebengkokkan yang parah memerlukan reseksi pada seluruh struktur tulang hidung setelah bagian tulang hidung yang menonjol diratakan. Nostrill yang bengkok juga dapat diperbaiki saat proses meluruskan tulang hidung. Karena mayoritas kasus ini disebabkan oleh nasal septum yang melengkung, maka nasal septum juga harus diperbaiki agar tidak kambuh lagi.
Sebelum Sesudah
 

 

 

Pembetulan Tulang Hidung yang Menonjol

Hidung yang ada tulang yang menonjol juga dikenal dengan istilah hidung aquiline karena bentuknya mengingatkan pada cakar elang, dengan tonjolan tulang pada bagian tengah hidung dan bagian bawah yang lebih masuk.

Operasi ini sangat populer dikalangan wanita. Mereka mencemaskan dengan tampilan hidung seperti ini akan membuatnya terlihat maskulin.


Setelah proses penghilangan tonjolan pada hidung dan mengganti posisi dari tulang hidung, hidung akan terlihat semakin rendah/pesek.
Oleh sebab itu, disarankan untuk meninggikan batang hidung dengan memakai implan seperti silikon atau gore-tex.

* Metode Pembetulan Tulang Hidung yang Menonjol
1) Benjolan tulang dan tulang rawan direseksi secara bersamaan.
2) Tulang hidung dirapatkan untuk mengisi ruang yang dihasilkan dari pemotongan tulang dan tulang rawan.
3) Bagian ujung tulang rawan yang melengkung dinaikan, dan tulang rawan.
(tulang rawan septal dan tulang rawan telinga) ditransplantasikan untuk menjadi struktur pendukung.

Sebelum Sesudah
 

 

 

Perbaikan Hidung Bulat

Ujung hidung yang ideal mempunyai lebar (A) dan tinggi (B) yang serupa dengan panjangnya, dan membentuk sudut 45 derajat dengan columella.

Mengeluarkan lemak subcutaneous memberikan kontraksi pada kulit dan menghasilkan ujung hidung yang lebih tajam. Pencangkokkan tulang rawan autologous (tulang rawan hidung dan telinga) dilakukan jika ujung hidung terlalu rendah atau pemancungan batang hidung dilakukan juga.



* Metode operasi dari reduksi hidung bulat
1. Ketika Tulang Rawan Alar Besar

1) Tulang rawan alar besar akan di kecilkan 5-8 mm.
2) Bagian atas dari tulang rawan alar akan dijahit kembali.


Tulang rawan autologous (tulang rawan hidung dan telinga) dapat digunakan sebagai struktur pendukung untuk lebih menyempurnakan bentuk dari ujung hidung.

2. Ketika tulang rawan alar melebar secara horizontal

Kedua sisi tulang rawan alar yang melebar dirampingkan dan digabungkan yang membuat tulang rawan septal menjadi naik.

3) Lemak Subcutaneous yang Tebal pada Ujung Hidung

Mengeluarkan lemak subcutaneous memberikan kontraksi pada kulit dan menghasilkan ujung hidung yang lebih tajam. Pencangkokkan tulang rawan autologous (tulang rawan hidung dan telinga) dilakukan jika ujung hidung terlalu rendah atau pemancungan batang hidung dilakukan juga.
Sebelum Sesudah
 

 

Pengecilan Sayap Hidung


Bentuk ideal dari sayap hidung : 1/5 dari lebar muka Bentuk segitiga Equilateral seperti yang terlihat dari bawah Panjang lubang hidung 2/3 dari hidung

Sayap hidung yang lebar membuat tampilan hidung menjadi rata, tanpa menghiraukan tinggi dari batang hidung, dan membuat penampilan wajah keseluruhan menjadi tidak menarik.

* Metode Operasi Pengecilan Sayap Hidung

1) Reduksi Dasar Alar
Sayap hidung yang lebar seringkali dikarenakan kulit dan jaringan subcutaneous yang berlebih. Reduksi dasar alar terdiri dari pengeksesian kulit pada dasar sayap hidung, yang mengurangi ukuran nostreils.
Bekas luka eksesi, akan terlihat diantara nostril dan pipi, yang akan menghilang dalam 2-3 bulan.


2) Mengikat Cuping Hidung
Lubang hidung yang lebar pada bagian bawah dapat dikecilkan dengan penjahitan setelah reseksi dilakukan pada bagian dasar alar. Bekas luka akan terlihat diantara bagian bawah hidung dan philtrum, yang akan terlihat samar karena tertutup oleh bayangan hidung.

Sebelum Sesudah
 
 
 
add Peta Situs Gedung BK,Jl.Dosan106,Nonhyeon-dong,Gangnam-gu,Seoul,Korea Selatan (Jalur 3, Pintu Keluar Nomor 2, Stasiun Sinsa)
Pusat Korea  Email : english@bkhospital.com,  +82-10-8626-8896
Pusat Indonesia
 Email : indonesia@bkhospital.com,  +62-82261880404
add